Selasa, 13 Oktober 2015

Telematika (4W + 1H)


Telematika berasal dari bahasa Perancis : “Telematique” yang dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Mengacu kepada penggunaan dikalangan masyarakat telematika Indonesia (MASTEL), Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik. Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara, huruf, gambar, dan data atau kombinasi-kombinasinya.

Dapat kita ketahui bahwa setiap orang pernah menggunakan telematika seperti contohnya televisi atau radio. Karena televisi ataupun radio merupakan alat teknologi komunikasi dan teknologi informasi. Selain itu alat komunikasi yang perkembangannya sangat pesat yaitu telefon genggam atau sekarang lebih dikenal dengan smartphone. Telefon genggam atau biasa disebut dengan handphone juga merupakan telematika karena handphone merupakan saranan komunikasi jarak jauh.
Dimana telematika digunakan ? Telematika bisa digunakan dimana-mana diantara lain :
1. E-Learning.
Pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh dengan media internet berbasis web atau situs. Contohnya seperti Universitas Terbuka yang menyediakan pembelajaran secara online, jadi mahasiswa tidak bertatap muka langsung dengan dosen.

2. E-Commerce
Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Contohnya seperti online shop dengan media internet berbasis situs atau berbasis aplikasi. Tidak perlu kita datang untuk membeli secara langsung. Transaksi bisa dilakukan secara online, dimana pelanggan tinggal memilih langsung yang ingin dibeli kemudian pembayarannya pun tidak harus langsung, bisa dengan mentransfer menggunakan ATM.

3. E -Goverment
E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintah secara elektronik. Contohnya seperti sekarang ini kita bisa membayar pajak kendaraan yang kita miliki secara online, tidak perlu mengantri.
Berbagai macam bentuk yang menjadi dampak penggunaan telematika merebak luas pada masyarakat. Dampak ini akan memunculkan dan merubah pola kehidupan, bekerja, berusaha bahkan merubah falsafah pada bidang-bidang tertentu. Dampak yang pasti adalah akan terjadinya perubahan minat bekerja yang lebih efisien dalam arti benefit to cost ratio, efektif dalam arti kualitas produk, jasa, dan pemerataan distribusi produk jasa kepada masyarakat. Dampak yang akan muncul penggunaan telematika baik secara langsung maupun tidak langsung, yaitu :
1.     Penghematan transportasi dan bahan bakar.
2.     Menghindarkan jam-jam yang tidak produktif menjadi lebih produktif.
3.     Mengembangkan konsep kegiatan tersebar secara merata ke seluruh daerah.
4.     Menyuguhkan banyak pilihan sarana telekomunikasi.

Posisi Indonesia dalam Bidang Telematika
Sejak AS, sebagai negara yang paling awal mempunyai inisiatif dalam pembangunan superhighways informasi, meluncurkan The National Infrastructure Information-nya pada tahun 1991, banyak negara industri lainnya mengikutinya. Bulan Februari 1996 Inggris dan Jerman memperkenalkan kebijakan-kebijakan superhighways informasi mereka, yaitu The Information Society Initiative di Inggris dan program The Info 2000 di Jerman.
Tak lama kemudian di tahun 1996, negara di Asia Tengah mengikutinya, seperti Filipina dengan Tiger, Malaysia dengan Multimedia Super Corridor (MSC) dan Singapura dengan Singapore-ONE. Dan di tahun 1997 Indonesia meluncurkan kebijakan superhighways informasi dengan nama Nusantara 21.
Tugas : 4W + 1H
1.  Apa yang dimaksud dengan Telematika :
Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media electromagnetik yang memiliki kemampuan mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap dengan jangkauan  seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, antara lain dengan perantara suara (telepon, musik) huruf, gambar, dan data atau kombinasi-kombinasinya.

2.  Mengapa Telematika digunakan ?
Karena telematika dibutuhkan untuk merancang sesuatu, atau memberi informasi yang dibutuhkan dalam bidang bidang tertentu. Misalnya dalam bidang :  
Pendidikan.
Saat ini penggunaan teknologi pada bidang pendidikan semakin canggih, dengan koneksi internet penggunaan Telematika dapat membantu siswa mendapatkan informasi lebih cepat juga memberikan referensi yang lebih beragam.

Transportasi.
Dengan menggunakan Gps yang juga salah satu media Telematika pengemudi dapat mendapatkan informasi mengenai jalan yang dilalui, jalur tercepat, daerah-daerah yang berbahaya, fasilitas umum, dan masih banyak lagi.

Militer.
Telematika sangat dibutuhkan dalam bidang ini untuk merancang strategi dan mengkoordinir pasukan, mengirim informasi penting,  dan lain-lain

3.  Dimana Telematika digunakan?
Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh, bila memiliki Hardware dan software yang dapat mengirim dan menerima data telematika dapat dilakukan. Seperti penggunaan telepon, menonton tv, menggunakan Gps saat berkendara dan masih banyak lagi.

4. Kapan Telematika digunakan ?
Pada era seperti sekarang ini penggunaan Telematika paling sering digunakan pada cara yang sangat sederhana yaitu penggunaan Smartphone karena kemampuan nya yang sangat fleksibel. Jadi dapat digunakan kapanpun dan dimanapun.
5. Siapa yang menggunakan Telematika ?
pengaturan dan pelaksanaan mengenai penggunaan Telematika diatur oleh  Direktorat Jendral Aplikasi atau biasa disebut DIRJEN APTEL yang berada langsung dibawah Menteri Komunikasi dan Informatika. Siapa saja dapat menggunakan Telematika selama segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menggunakan nya tersedia, tidak hanya masayarakat umum yang menggunakan nya namun instansi pemerintah pun menggunakan Telematika untuk bidang-bidang yang penting seperti pendidikan, kesehatan, militer, komunikasi dan sebagainya.
6. Bagaimana menggunakan Telematika ?
Telematika adalah  sarana komunikasi jarak jauh yang dapat mentransmisikan sejumlah besar informasi satu arah maupun timbal balik dengan sistem digita, sehingga penggunaan nya sangat mudah dilakukan jika memiliki media yang menunjang seperti Handphone, Smartphone, Interenet, GPS

Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers

Followers

Pages - Menu

Popular Posts