Senin, 27 April 2015

PRIA METROSEKSUAL

Metroseksual adalah sebuah istilah baru, sebuah kata majemuk yang berasal dari paduan dua istilah: metropolitan danheteroseksual. Istilah ini dipopulerkan pada tahun 1994 untuk merujuk kepada pria (khususnya yang hidup pada masyarakat post-industri, dengan budaya kapitalis) yang menampilkan ciri-ciri atau stereotipe yang sering dikaitkan dengan kaum priahomoseksual (seperti perhatian berlebih terhadap penampilan), meskipun dia bukanlah seorang homoseksual.
Pria metroseksual. Sebuah istilah yang menunjuk pada suatu gaya hidup baru di perkotaan. Rapi, harum, trendi, danfashionable tak lagi menjadi monopoli kaum wanita. Apakah pria metro seksual seperti pria biasa? Atau pria metroseksual identik dengan perawatan tubuh dan tend masa kini ? Pria metroseksual pun menikmatinya. Makin banyak pria di kota-kota besar yang ingin mengubah penampilan menjadi lebih menarik dengan cara menghabiskan uangnya untuk berolah tubuh ke fitness center maupun ke salon. Zaman sudah berubah. Perawatan tubuh yang umumnya hanya dilakukan kalangan perempuan dan dianggap tabu bila dilakukan laki-laki, atau perawatan wajah yang dahulu identik dengan wanita, sekarang juga banyak dilakukan kaum pria. Kini pria semakin nyaman dan mudah mengekspresikan sisi-sisi feminin seperti wanita. Penampilan diri yang menarik menjadi hal penting bagi kaum pria itu sehingga mereka tak ragu lagi melakukan perawatan diri, termasuk di salon. Pria metroseksual saat ini bebas dalam mengekspresikan dirinya. Golongan pria ini pun terkesan menolak paham patriarki, yang mempunyai anggapan bahwa pria haruslah seorang "lelaki", bukan perempuan. Ini dipicu nilai-nilai baru yang mewarnai gaya hidup masyarakat Indonesia terhadap laki-laki yang tinggal di perkotaan, yang cenderung berorientasi pada nilai-nilai kebendaan. Artinya, telah terjadi pergeseran orientasi nilai budaya pada jenis kegiatan, minat, maupun pendapat yang lebih mementingkan penampilan secara fisik, glamour, dan sebagainya.
Bahkan lahirnya pria metrosexual adalah ulah arus modernisasi dunia, dimana pria juga dituntut rapi dan bersih. Tidak benar jika menyamakan para pria pesolek ini dengan gay! Mereka memang suka sekali memakai barang-barang yang hanya dimiliki kaum gay. Tapi jangan harap mereka akan melirik pria di kafe, mal, atau dimana saja! Para pria ini menganggap dirinya lebih perhatian, romantis, dan keren. Sedangkan pria biasa menganggap dirinya lebih unggul dan ingin menguasai perempuan.
Para pria metrosexual ini salah satunya adalah David beckham. Suami Victoria Beckham ini sangat suka sekali berganti tatanan rambut, perawatan tubuh, narsis, dan fashion-oriented. Terlepas dari hobinya yang genit, pria metrosexual memiliki perasaan yang lebih halus dan dapat dikatakan memiliki perasaan wanita. Sensitif dan mengerti perasaan wanita, pria seperti ini mungkin tidak terlihat maskulin. Akan tetapi para pria ini cenderung lebih setia dan menghargai wanita.
Ciri-ciri pria metrosexual:
* Selalu ingin tampil rapi, bersih, dan wangi
* Sensitif dan mengerti perasaan wanita
* Rajin ke salon, bahkan bisa sampai 2 kali seminggu
* Mengenal merk terkenal dengan baik
* Mampu berbelanja selama berjam-jam tanpa merasa lelah
* Rajin menyambangi pusat – pusat kebugaran
* Suka akan fashion dan selalu mengikuti trend terbaru
* Berpikiran lebih liberal dan santai
* Tidak seperti pada pria umumnya yang lebih otoriter dan membedakan status
Jangan berfikir negatif terlebih dahulu dengan pria metroseksual! Karena metroseksual ini bukanlah seorang homoseksual atau pria yang kemayu. Ia tetaplah pria normal yang bisa memiliki keluarga yang bahagia dengan istri yang cantik dan anak-anak yang lucu. Hanya lebih \”kewanitaan\”, misalnya lebih senang ngobrol dan mampu berkomunikasi dengan lebih baik daripada rata-rata pria. Dan, yang paling nyata, metroseksual ini sangatlah fashionable.
==================================================================
gaya bahasa yang di gunakan :
1. kalimat berkompilasi : Metroseksual ini bukanlah seorang homoseksual atau pria yang kemayu. Ia tetaplah pria normal yang bisa memiliki keluarga
2. Kalimat bervariasi pertanyaan : Apakah pria metro seksual seperti pria biasa? Atau pria metroseksual identik dengan perawatan tubuh dan tend masa kini ?
3.Kalimat bervariasi pernyataan : Metroseksual adalah sebuah istilah baru, sebuah kata majemuk yang berasal dari paduan dua istilah: metropolitan danheteroseksual. Istilah ini dipopulerkan pada tahun 1994 untuk merujuk kepada pria (khususnya yang hidup pada masyarakat post-industri, dengan budaya kapitalis)
4. Kalimat bervariasi perintah :  Jangan berfikir negatif terlebih dahulu dengan pria metroseksual!
·                                         Tidak benar jika menyamakan para pria pesolek ini dengan gay!
55. Kalimat berepetisi bentuk : dia akan terus ikut, ikut, dan mengikuti perkembangan tren nya.
·                                       pria metrosexual memiliki perasaan yang lebih halus dan dapat dikatakan memiliki perasaan wanita.                Sensitif dan mengerti perasaan wanita, pria seperti ini mungkin tidak terlihat maskulin
66.  Kalimat berkonstruksi Idiomatik : Bahkan lahirnya pria metrosexual adalah ulah arus modernisasi dunia, dimana pria juga dituntut rapi dan bersih. Para pria metrosexual ini salah satunya adalah David beckham. Suami Victoria Beckham ini sangat suka sekali berganti tatanan rambut, perawatan tubuh, narsis, dan fashion-oriented.

Reff :
1. https://regulusabraham.wordpress.com/tag/ciri-ciri-cowok-metroseksual/
2. http://www.thecrowdvoice.com/post/budaya-pria-metrosexual-pergeseran-nilai-laki2-4906233.html
3. http://asmarie.blogdetik.com/2011/07/19/seperti-apakah-pria-dandy-dan-metroseksual-itu/
4. http://id.wikipedia.org/wiki/Metroseksual

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers

Followers

Pages - Menu

Popular Posts