Kamis, 05 Juni 2014

Ciri-Ciri dan Macam-Macam Bentuk Pasar





Dalam pengertian yang sederhana pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu berupa barang atau jasa.
Berikut ciri-ciri dan macam-macam pasar :

Ciri - ciri
Pasar Persaingan Sempurna (PPS)
Pasar
Monopolistik
Pasar
Oligopoli
Pasar
Monopoli
1.Jumlah penjual (produsen)
 Terdapat banyak pembeli dan banyak penjual
Jumlah penjual banyak, namun tdk sebanyak pd PPS
Hanya ada beberapa produsen yg menguasai pasar
Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli
2. Jenis barang yang dijual
Barang yang dijual bersifat homogeny
Terdapat diferensiasi (perbedaan produk)
Terdapat barang serupa (produk yang tidak terdiferensiasi) atau barang yang berbeda (produsen dengan diferensiasi)
tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip (close substitute)
3. Kemampuan menetapkan harga
Produsen tidak dapat mempengaruhi harga
Penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
Harga jual tidak mudah berubah
Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang
4. bentuk kurva permintaan
Kurva permintaan elastis sempurna
Tidak elastis sempurna
Mencerminkan perilaku oligopolis dalam pasar
Kurva menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Dalam hal ini monopolis akan memperoleh harga jual yang tinggi bila produksinya sedikit, dan harga yang semakin rendah bila produksinuya semakin banyak.

5. hambatan memasuki pasar
Tidak ada hambatan dalam mobilitas sumber ekonomi dari satu usaha ke usaha lain.
 Hambatan legalitas (Undang-undang dan hak khusus, hak patent, dan hak cipta)
Sulit, karena investasinya yang tinggi
 Hambatan legalitas (Undang-undang dan hak khusus, hak patent, dan hak cipta)
6. Keseimbangan Jangka Pendek
Memaksimumkan keuntungan
Keseimbangan jangka pendek terbatas
Memaksimumkan penjualan pasar pesaing
Memperoleh laba maksimum
 7. Keseimbangan Jangka Panjang
Memaksimumkan keuntungan pada perusahaan
perusahaan hanya memperoleh laba normal
Dapat menyebabkan kerugian krn alokasi sumber daya ekonomi terhadap perusahaan
Keseimbangan jangka panjang akan menjadi masalah bila dalam jangka pendek perusahaan mengalami kerugian
8. Interdependesi Pengambilan Keputusan
Tidak ada interdependesi dalam pengambilan keputusan
Menghasilkan peraturan dalam pengambilan keputusan yg berbeda-beda
Keputusan seorang penjual akan mempengaruhi penjual lain termasuk pesaing
Konsep dasar oligopoli adalah interdependensi ( saling ketergantungan ) antara pesaing yang satu dengan pesaing yang lain
9. Contoh Barang
hasil-hasil pertanian
sabun, pasta gigi, dan minyak goreng
perusahaan menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan rokok, industri telekomunikasi, dan perusahaan semen.
PT . Pertamina (persero),
PT Perusahaan Listrik Negara (persero), dan PT Kereta Api (persero).


Daftar Pustaka :


6.       Mankiw, N. George., Quah, Euston., Wilson, Peter (2012). Pengantar Ekonomi Mikro Edisi Asia. Jakarta :Penerbit Salemba Empat.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers

Followers

Pages - Menu

Popular Posts