Kamis, 02 Mei 2013



ILMU BUDAYA DASAR
Oleh : Drs. Joko Tri Prasetya, dkk.

BAB I
Orientasi Umum.
Pada dasarnya “ilmu Budaya Dasar” adalah suatu pengetahhuan menelaah berbagai masalah kemanusiaan dan budaya, dengan menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari dan telah dikembangkan oleh berbagai bidang pengetahuan keahlian yang tegolong dalam Pengetahuan Budaya. Yang salah satu tujuannya adalah memberikan kesempatan bagi siapapun untuk memperluas pandangan tentang masalah kemanusiaan dan budaya, serta mengembangkan daya kritis mereka dalam persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
Ada dua masalah yang bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajan mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Kedua masalah tersebut ialah :
1.       Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (The Humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) di dalam pengetahuan budaya, maupun  secara gabungan(antara bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuannya.
2.       Hakikat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam budaya masing-masing zaman dan tempat. Dalam melihat dan menghadappi lingkungan alam, sosial dan budaya, manusia tidak hanya menuwujudkan kesamaan-kesamaan, akan tetapi ketidakseragaman yang diungkapkan secara tidak seragam.

Tim IBD dari konsorim sudah berusaha mengadakan pembagian masalah-masalah tersebut  secara fleksibel. Pada tahun 1972 misalnya, masalah-masalah tersebut dibagi menjadi 10 tema atau 10 topik :
1.       Manusia dan pandangan hidup
2.       Manusia dan asuhan
3.       Manusia dan tanggung jawab
4.       Manusia dan cinta kasih
5.       Manusia dan penderitaan
6.       Manusia dan harapan
7.       Manusia dan ketulusan
8.       Manusia dan pengabdian
9.       Manusia dan keadilan
10.   Manusia dan kegelisahan
Pada akhir tahun 1982 Konsorium menurunkan rumusan :
Mata kuliah Imu Budaya Dasar adalah suatu usaha yang diharapkan dapat memberi  pengetahuan dasar dan memberikan konsep-konsep umum yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah budaya.  Yang selalu memiliki dampak baik dalam masyarakat sebagai penalaran manusia terhadap ilmu-ilmu tertentu. Ilmu Budaya dasar juga mempunyai dampak baik di berbagai bidang yaitu pada bidang kedokteran, pertanian dan bio kimia sebagai fokusnya .

BAB II
Masalah Kebudayaan .
Apakah kebudayaan itu ?
Mengenai definisi kebudayaan, telah banyak sarjana-sarjana ilmu sosial yang mencoba mendefinisikannya, tetapi dalam semua definisi definisi tersebut di simpulkan bahwa bagi ilmu sosial, arti kebudayaan amat luas, yang meliputi kelakuan dan hasil kelakuan manusia, yang teratur oleh tata kelakuan yang harus didapatkan dengan belajar dan yang semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat. Dan didalam bahasa inggris kata culture itu dalam abad yang selalu mengalami pergeseran arti sebagai berikut :
a.       a general state or habit of the mind
b.      the general state of intelectual development in a Sosiety as a whole .
c.       the general body of the arts
d.      a whole way of life, material, intelectual, spiritual

di dalam masyarakat ramai kebudayaan sering diartikan sebagai the general body of the arts, yang meliputi seni sastra seni musik, seni tari, seni rupa, pengetahuan filsafat atau bagian-bagian yang indah dari kehidupan manusia.

1.       Kebudayaan dan Peradaban.
Peradaban yang mempunyai arti seluruh kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan ilmu teknik.  Adapun unsur kebudayaan yang bersifat peradaban tetami masih universal yang dapat kita sebut sebagai isi pokok tiap kebudayaan di dunia ini salah satunya ialah peralatan hidup manusia sehari-hari misalnya (pakaian, rumah, makanan, alat rumah tangga dan sebagainya). Masing masing unsur kebudayaan universal ini pasti menjelma dalam ketiga wujud budaya tersebut, yaitu wujud sistem budaya, sistem sosial, dan sistem budaya fisik
                Perlu dimengerti bahwa unsur-unsur kebudayaan yang membentuk suatu struktur kebudayaan itu tidak berdiri sendiri tanpa budaya lainnya. Melainkan perikatan erat  yang membentuk satu kesatuan yang harmonis, masing masing unsur saling mempengaruhi secara timbal balik. Apabila terjadi perubahan pada salah satu unsur, maka akan menimbulkan oerubahan pada unsur yang lain pula.


2.       Hubungan manusia, masyarakat, dan kebudayaan
Masyarakat tidak dapat dipisahkan daripada manusia, karena hanya manusia saja yang hidup bermasyarakat yaitu hidup bersama-sama dengan manusia lain dan saling memandang hidup di penanggungan dan kewajiban dan hak.
Setiap kebudayaan adalah sebagai jalan yang ada didalam tindakan dan fikirn, sehubungan dengan pengalaman-pengalaman yang fundamental, dari sebab itulah kebudayaan itu tidak dapat dilepaskan dengan individu dan masyarakat.. dan akhirnya dimana manusia hidup bermasyarakat disanalah ada kebudayaan, dan kesemuanya menjadi benda penyelidikan sosial .
Kebudayaan Nasional Indonesia.
                Berbagai macam ras yang berdatangan, gelombang demi gelombang yang melanda Nusantara di sepanjang sejarahnya, diikuti pula dengan pencampuran bauran darah antara mereka dan penduduk setempat, makin memantapkan keanekaragaman manusia Indonesia sebagai pendukung Budayanya.  Lingkungan akan tempat di mana manusia Indonesia itu hidup juga beraneka ragam . dengan demikian faktor manusia dan lingkungan yang sangat beragam itu jelas menentukan budaya yang beragam pula . ragam manusia Indonesia yang tercermin dalam suku suku sudah tentu membentuk budaya suku-suku itu yang dimana masing masing hidup dalam lingkungan alam .
                Namun selain itu, kebudayaan Nasional pada saat itu merupakan sesuatu yang sudah diterima menjadi milik Nasional, diterangkan ada bagian terdahulu bahwa kebudayaan mengandung kesamaan-kesamaan yang bisa diterima secara umum. Beberapa diantaranya ialah :
1.       Pancasila
2.       Undang-undang dasar 1945
3.       Sumpah Pemuda
4.       Lagu Indonesia raya
5.       Bahasa indonesia
6.       Sikap ramah tamah dan gotong royong
Makna Pengabdian Kebudayaan
                Pengabdian dalam arti perbuatan baik yang berupa fikiran pendapat atau tenaga , sebagai perwujudan kesetiaan. Antara lain raja, cinta, kasih sayang, hormat, atau suatu ikatan dan semua dilakukan dengan ikhlas . timbulnya engabdian itu adanya rasa Tanggung Jawab. Ada macam macam cara untuk Mengabdikan Kebudayaan kepada lingkungan hidup sehari-hari misalkan Pengabdian Kepada Keluarga, pengabdian kepada masyarakat, pengabdian kepada negara, dan setelah menerapkan itu semua terdapat makna  kesadaran dan pengorbanan yang muncul dan timbul sendiri dari dalam diri.
                Makna pengorbanan itu sendiri berasal dari kata “korban”. Artinya memberikan sesuatu hal secara ikhlas. Sedangkan Makna Kesadaran ialah keinsyafan akan perbuatannya . dan merasakan serta mengingat apa yang diperbuat .
Dalam berbuat kadang-kadang orang hanya melanggar satu norma, kadang-kadang  juga ada yang melanggar lebih dari tiga norma. Yaa inilah kesadaran norma yang sangat penting untuk di perhatikan setiap orang,karena pelanggaran moral  dapat merusak nama (citra baik).
                Perbedaan antara pengertian pengabdian dan pengorbanan tidak begitu jelas. Karena pasti adanya pengabdiian tentu ada pengorbanan. Antara sesama kawan sulit untuk dikatakan pengabdian, karena karena kata pengabdian mengandung arti lebih rendah tingkatnya, tetapi untuk kata pengorbanan dapat juga diterapkan kepada sesama kawan.
                Pengorbanan pun merupakan akibat dari pengabdian dan pengabdian itu sendiri juga bisa berupa harta benda, pikiran, perasaan. Pengorbanan diserahkan secara ikhlas tanpa pamrih, tanpa ada perjanjian, tanpa ada transaksi tanpa ada perjanjian. Ya kapan saja diperlukan.

BAB III
Manusia dan Pandangan Hidup .
Cita adalah hati; cita-cita adalah suatu keinginan yang terkandung dalam hati. Karena itu cita-cita juga berarti angan, harapan dan tujuan. Keinginan yang baik dan ada yang buruk, keinginan yang baik bersifat luhur, keinginan itu dicapai dengan tidak merugikan orang lain. Keinginan buruk sebaliknya.
Ada tiga kategori keadaan hati seeorang (keras, lunak, dan lemah). Orang yang berhati keras biasanya mencapai hasil  biasanya mencapai hasil yang gemilang dan sukses hidupnya, orang yang hatinya lunak usaha mencapai cita-citanya harus selalu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi dan agak lambat untuk meraihnya
Orang yang berhati lemah, mudah terpengaruh oleh situasi dan kondisi. Bila ia menghadapi  kesulitan cepat cepat iya berganti haluan (berganti keinginan).

Makna Sikap Hidup.
Sikap hidup yang merupakan perasaan haati yang dalam untuk menghadapi hidup ini. Dan selalu bergantungkepada pribadi orang itu dan juga lingkungannya , setiap manusia memiliki kadar sikap, kadar sikap yang dimiliki oleh setiap individu manusia atau satu sama lain tidak sama . maka dari itu para leluhur kita menganjurkan untuk saling menjaga sikap kepada yang lainnya agar terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.




BAB IV
Manusia dan Kegelisahan
Makna kegelisahan yang kita ketahui pada umumnya adalah rasa tidak tentram di hati dan selalu khawatir, alasan mengapa manusia mengalami kegelisahan yaitu karena manusia memiliki hati dan perasaan.
Perasaan gelisah menurt Sigmund Freud ada tiga macam yaitu :
1.       Kecemasan objektif
Kecemasan yang mirip dengan kegelisahan terapan.
2.       Kwcemasan neurotik
Hal ini timbul akibat pengamatan tentang bahaya dan khawatir dari naluri.
3.       Kecemasan moral
Muncul dari emosi diri sendiri tanpa adanya perasaan iri  dan sebagainya .
Hanya dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan, maka hati manusia dengan kegelisaha itu akan hilang. Mendekatkan diri bukan hanya dengan cara melalui hubungan horizontal tetapi juga dengan sebagaimana apa yang diperintahkan oleh Tuhan sendiri.

BAB VManusia dan Cinta Kasih
Kasih sayang di alami oleh setiap manusia, karena kasih sayang bagian hidup manusia sejak lahir anak telah mengenal kasih sayang, meskipun ada pula kelahiran anak yang tidak diharapkan, namun hal itu termasuk pengecualian. Kelahiran anak yang tidak dirapakan umumnya lahir bukan karna kasih sayang. 
                Kasih sayang yang berlebihan cenderung merupakan pemanjaan yang kurang baik, karena umumnya anak yang dimanjakan menjadi anak yang sombong, dan tidak menghormati orang tua

Bab VI
Manusia dan Keindahan
Keindahan berasal dari kata indah, berarti bagus, permai, cantik,molek,dsb. Keindahan identik dengan kebenaran. Keduanya mempunyai nilai yang sama: abadi dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Yang tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah. Keindahan bersifat universal
Keindahan dalam arti estetik murni mencakup pengalaman. Pengalaman dalam segala sesuatu yang di serapnya. Ciri-ciri kebenaran  menyangkut kwalitas hakiki dan dari segala benda yang mengandung segala kesatuan. Dari ciri-ciri itu diambil satu kesimpulan bahwa keindahan tersusun dari keindahan dan keselarasan dan pertendangan dari garis warna.
Makna keserasian
Keserasian berasal dari kata serasi dan dari kata dasar rasi yang artinya cocok. Keserasian identik dengan keindahan  yang mempunyai estetika sebagai  suatu  keselarasan. Dalam keselarasan itu seseorang mempunyai perasaan seimbang  dan mempunyai cita rasa.
Bab VII
Pendidikan  dan Lingkungan hidup
Latar belakan perlunya PKLH untuk membuktikan bahwa manusia telah mengetahui atau menyadari adanya kwalitas yang lebih baik.
Jadi secara umum PKLH adalah kondisi yang termasuk tingkah laku manusia yang dapat diartikan sebagai kedaan alam kehidupan.
Tujuan utama PKLH  adalah  mengupayakan perubahan sikap serta prilaku, reproduksi dan  penyebaran penduduk sescara rasional dan tanggung jawab dan juga untuk mengontrol pengelolaan sumber daya alam secara rasional.  pemanfaatan sumber-sumber alam oleh PKLH meliputi tanah, air, hutan, perkembangan, minyak bumu, batu bara,tambang-tambang dan lainya.         

Daftar Pustaka :
1.       Prasetya  Joko Tri, Drs., dkk., buku Pedoman Perkuliahan Ilmu Budaya dasar, dikutip dari: Buku Ilmu Budaya dasar, Jakarta, 2004.


Disusun Oleh :
Aulia Maharani Suci
1KA11-11112252
Ilmu Budaya Dasar

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers

Followers

Pages - Menu

Popular Posts